Program Kerja
PROGRAM KERJA SMK NEGERI 3 MUARO JAMBI
PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH SMK NEGERI 3 MUARO JAMBI
TAHUN PEMELAJARAN 2022/2023
A. Bidang Kurikulum
Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah:
- Mengadakan pembagian tugas mengajar/pembina/pembimbing guru-guru.
- Menyusun jadwal kegiatan belajar
- Pengisi hari – hari pertama masuk sekolah
- Siswa baru Masa Orientasi Peserta Didik (MOPDIK)
- Kegiatan kurikuler bagi kelas II dan III
- Merencanakan dan melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar meliputi:
- Penyiapan GBPP dan buku sumber / referensi bagi guru dan siswa
- Penyusunan Analisis Program Semester
- Penyusunan Program Semester
- Penyusunan Analisis Materi Pelajaran
- Penyusunan SAP (Satuan Acara Pembelajaran)
- Penyusunan Modul Pembelajaran
- Penyusunan Kumpulan Soal UN
- Penyajian Program yang telah disusun
- Penyiapan KRS, KHS
- Pelaksanaan Supervisi Kelas
- Pendataan guru – guru yang belum mengikuti penataran
- Mengusulkan setiap guru mengikuti penataran
- Membentuk MGMP sekolah
- Kegiatan Evaluasi yang terdiri atas ulangan harian, ulangan umum dengan rangkaian kegiatan:
- Penyusunan perangkat soal (kisi-kisi, kartu soal dan pedoman penilaian).
- Pelaksanaan Tes dan uji coba UN
- Pemeriksaan dan pengolahan hasil tes
- Tindak lanjut hasil evaluasi melalui kegiatan perbaikan dan pengayaan.
10. Kegiatan Ujian Nasional
- Pembentukan Panitia Ujian Nasional Sekolah
- Tata tertib peserta/pengawas ruang
- Penyiapan jadwal siswa, jadwal pengawas ruang Ujian Nasional
- Penyiapan dan penyusunan perangkat soal (kisi-kisi soal, kartu soal dan pedoman penilaian).
- Pelaksanaan Ujian Nasional
- Pemeriksaan hasil Ujian dan Ujian Nasional
- Pengelolaan hasil Ujian Nasional
- Rapat penentuan hasil Ujian Nasional
- Pengumuman hasil Ujian Nasional
- Penyusunan laporan Ujian Nasional
- Penulisan dan penyerahan STTB lulusan
- Penyusunan laporan lengkap kegiatan – kegiatan Ujian Nasional
11. Kenaikan Tingkat meliputi:
- Penyusunan dan pengelolaan nilai akhir
- Rapat penentuan/ penetapan kenaikan tingkat
- Pengumuman kenaikan tingkat
- Laporan naik/tidak naik kelas ke Dinas Pendidikan Kota dan Dinas Pendidikan Propinsi
12. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan BK, meliputi:
- Penyusunan program BK
- Analisa program BK
- Pelaksanaan program BK
- Tindak Lanjut
B. Bidang Kesiswaan
Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :
- Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2022/2023 yang meliputi:
- Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru
- Penyiapan dan penyediaan administrasi PPDB
- Penyebaran informasi PPDB
- Pelaksanaan seleksi calon siswa baru apabila pendaftar lebih dari daya tampung
- Pengumuman hasil seleksi calon peserta didik baru
- Pelaporan kegiatan PPDB
- Pembagian kelas siswa kelas X
- Pengelompokan siswa berdasarkan program pilihan
- Reformasi pengurus OSIS
- Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler melalui OSIS meliputi:
- Pramuka
- Palang Merah Remaja/UKS
- Pencinta Alam
- Kelompok Ilmiah Remaja
- Pustakawan
- Koperasi Siswa
- Olahraga
- Musabaqoh Tilawatil Qur’an
- Remaja Musholla
- Paskibra
- Sanggar Seni
- Pembinaan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
C. Bidang Sarana / Prasarana
Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :
- Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang belajar dan perlengkapannya (Mobiller).
- Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang perpustakaan dan perlengkapannya.
- Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang penunjang dan perlengkapannya
- Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang penunjang dan perlengkapannya.
- Pembuatan dan pemeliharaan pagar dan gerbang sekolah
- Rehabilitasi tiang bendera untuk upacara dan perlengkapannya.
- Rehabilitasi ruang belajar, laboratorium dan perpustakaan.
- Pengaturan penggunaan, pemeliharaan media pendidikan
- Penataan taman sekolah
10. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang ibadah/musholla
11. Pengadaan dan pemeliharaan alat – alat KBM
12. Inventarisasi Buku Paket
D. Bidang Hubungan Masyarakat
Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :
- Pembentukan pengurus Komite dan pengaturan partisipasi komite sekolah.
- Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan pengurus dan anggota komite
- Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan segenap instansi/dinas, DU/DI khususnya yang ada di Propinsi Jambi.
- Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan sekolah – sekolah dalam wilayah Jambi dan sekitarnya serta sekolah – sekolah dalam wilayah POKJA SMP/SMA/SMK Negeri maupun Swasta
- Penyebarluasan informasi tentang berbagai kegiatan sekolah
- Berpartisipasi dalam kegiatan hari – hari besar nasional
- Memeriahkan hari – hari besar agama
- Pelaksanaan Prakerin Dalam Negeri dan Prakerin Luar Negeri
E. Bidang Ketatalaksanaan / DLL
Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah:
- Pembuatan dan pemajangan struktur organisasi sekolah dan pemantapan penambahan wakil manajemen mutu dan disiplin KBM
- Penyusunan dan pemajangan serta pengarsipan kalender pendidikan
- Penyusunan program kerja sekolah dan pengarsipannya
- Penyusunan dan pengarsipan RABS
- Pengadaan, pencataan pokok – pokok pembinaan personil dan hasilnya
- Pengadaan buku catatan hasil supervisi kepala skeolah dan instrumen kegiatan – kegiatan supervisi kepala sekolah dan pengarsipannya
- Pengadaan format DP3 guru dan pegawai, pengisian dan pengarsipannya.
- Pengadaan buku tamu, buku pengumuman dan buku notulen rapat.
- Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi kurikulum:
- Daftar pembagian tugas guru
- Jadwal Pelajaran
- Jurnal kelas/kemajuan kelas
- Perangkat Administrasi Guru
- Perangkat Soal
- Daftar grafik kelulusan siswa
- Leger / Daftar kelas
- Buku laporan pendidikan (buku raport)
10. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan Administrasi BP/BK
- Struktur organisasi dan rincian tugas
- Program kerja dan jadwal tugas
- Format – format alat pengumpulan data
- Format – format perjanjian pemberitahuan, home visit, panggilan orang tua/wali pernyataan, skorsing.
- Laporan
11. Penyiapan pengadaan dan pengarsipan administrasi perpustakaan:
- Struktur organisasi dan rincian tugas
- Pedoman pengelolaan perpustakaan
- Katalog
- Tata tertib
- Kartu Anggota
- Buku pinjaman
- Diagram/grafik peminjaman
- Daftar inventaris ruangan
- Laporan kegiatan
12. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi kesiswaan:
- Buku penerimaan siswa baru
- Buku klaper siswa
- Buku induk siswa
- Buku mutasi
- Daftar Hadir Siswa
- Daftar peserta ujian nasional
- Daftar lulusan ujian nasional
- Buku dan daftar penerimaan STTB
- Program Kerja
13. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi personil:
- Buku Induk Pegawai
- Daftar Urut Kepangkatan
- Daftar Hadir
- Buku Pembinaan
- Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
- Blanko – blanko administrasi
14. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi keuangan:
- Berkas DIK
- Buku Kas
- Daftar Penerimaan Gaji, Honor, dan uang lembur
- Berkas SPJ
- Unit Produksi Sekolah
- Komite
- Brankas
15. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi perlengkapan:
- Buku induk perlengkapan
- Buku non inventaris
- Buku Golongan barang
- Buku Pembelian
- Buku penerimaan barang
- Buku/daftar pengeluaran barang
- Kartu stok barang
- Buku mutasi barang inventaris
- Buku pemeliharaan
- Buku dokumen surat – surat berharga
- Berkas penghapusan
- Laporan inventaris
16. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi persuratan
- Buku agenda masuk dan keluar
- Buku ekspedisi
- Filing sistem
- Kartu kendali
- Lembar disposisi
- Data statistik
- Laporan bulanan/triwulan
17. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan hubungan masyarakat:
- Buku agenda pertemuan/rapat dengan orang tua siswa/wali, pemerintah dan masyarakat.
- Notulen agenda pertemuan/rapat dengan orang tua siswa/wali, pemerintah dan masyarakat
- Program Komite
- Iuaran Komite
Muaro Jambi, Juni 2022
Kepala Sekolah,
SRI DARMAYANTI, M.Pd
NIP. 19740510 200003 2 006