Program Kerja


PROGRAM KERJA SMK NEGERI 3 MUARO JAMBI

 

 

PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH SMK NEGERI 3 MUARO JAMBI

TAHUN PEMELAJARAN 2022/2023

 

A.   Bidang Kurikulum

Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah:

  1. Mengadakan pembagian tugas mengajar/pembina/pembimbing guru-guru.
  2. Menyusun jadwal kegiatan belajar
  3. Pengisi hari – hari pertama masuk sekolah
    1. Siswa baru Masa Orientasi Peserta Didik (MOPDIK)
    2. Kegiatan kurikuler bagi kelas II dan III
    3. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar meliputi:
      1. Penyiapan GBPP dan buku sumber / referensi bagi guru dan siswa
      2. Penyusunan Analisis Program Semester
      3. Penyusunan Program Semester
      4. Penyusunan Analisis Materi Pelajaran
      5. Penyusunan SAP (Satuan Acara Pembelajaran)
      6. Penyusunan Modul Pembelajaran
      7. Penyusunan Kumpulan Soal UN
      8. Penyajian Program yang telah disusun
      9. Penyiapan KRS, KHS
    4. Pelaksanaan Supervisi Kelas
    5. Pendataan guru – guru yang belum mengikuti penataran
    6. Mengusulkan setiap guru mengikuti penataran
    7. Membentuk MGMP sekolah
    8. Kegiatan Evaluasi yang terdiri atas ulangan harian, ulangan umum dengan rangkaian kegiatan:
      1. Penyusunan perangkat soal (kisi-kisi, kartu soal dan pedoman penilaian).
      2. Pelaksanaan Tes dan uji coba UN
      3. Pemeriksaan dan pengolahan hasil tes
      4. Tindak lanjut hasil evaluasi melalui kegiatan perbaikan dan pengayaan.

10. Kegiatan Ujian Nasional

  1. Pembentukan Panitia Ujian Nasional Sekolah
  2. Tata tertib peserta/pengawas ruang
  3. Penyiapan jadwal siswa, jadwal pengawas ruang Ujian Nasional
  4. Penyiapan dan penyusunan perangkat soal (kisi-kisi soal, kartu soal dan pedoman penilaian).
  5. Pelaksanaan Ujian Nasional
  6. Pemeriksaan hasil Ujian dan Ujian Nasional
  7. Pengelolaan hasil Ujian Nasional
  8. Rapat penentuan hasil Ujian Nasional
  9. Pengumuman hasil Ujian Nasional
  10. Penyusunan laporan Ujian Nasional
  11. Penulisan dan penyerahan STTB lulusan
  12. Penyusunan laporan lengkap kegiatan – kegiatan Ujian Nasional

11. Kenaikan Tingkat meliputi:

  1. Penyusunan dan pengelolaan nilai akhir
  2. Rapat penentuan/ penetapan kenaikan tingkat
  3. Pengumuman kenaikan tingkat
  4. Laporan naik/tidak naik kelas ke Dinas Pendidikan Kota dan Dinas Pendidikan Propinsi

12. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan BK, meliputi:

  1. Penyusunan program BK
  2. Analisa program BK
  3. Pelaksanaan program BK
  4. Tindak Lanjut

B.   Bidang Kesiswaan

Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2022/2023 yang meliputi:
    1. Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru
    2. Penyiapan dan penyediaan administrasi PPDB
    3. Penyebaran informasi PPDB
    4. Pelaksanaan seleksi calon siswa baru apabila pendaftar lebih dari daya tampung
    5. Pengumuman hasil seleksi calon peserta didik baru
    6. Pelaporan kegiatan PPDB
    7. Pembagian kelas siswa kelas X
    8. Pengelompokan siswa berdasarkan program pilihan
    9. Reformasi pengurus OSIS
    10. Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler melalui OSIS meliputi:
      1. Pramuka
      2. Palang Merah Remaja/UKS
      3. Pencinta Alam
      4. Kelompok Ilmiah Remaja
      5. Pustakawan
      6. Koperasi Siswa
      7. Olahraga
      8. Musabaqoh Tilawatil Qur’an
      9. Remaja Musholla
      10. Paskibra
      11. Sanggar Seni
    11. Pembinaan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

 

C.   Bidang Sarana / Prasarana

Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang belajar dan perlengkapannya (Mobiller).
  2. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang perpustakaan dan perlengkapannya.
  3. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang penunjang dan perlengkapannya
  4. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang penunjang dan perlengkapannya.
  5. Pembuatan dan pemeliharaan pagar dan gerbang sekolah
  6. Rehabilitasi tiang bendera untuk upacara dan perlengkapannya.
  7. Rehabilitasi ruang belajar, laboratorium dan perpustakaan.
  8. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan media pendidikan
  9. Penataan taman sekolah

10. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang ibadah/musholla

11. Pengadaan dan pemeliharaan alat – alat KBM

12. Inventarisasi Buku Paket

 

 

D.   Bidang Hubungan Masyarakat

Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Pembentukan pengurus Komite dan pengaturan partisipasi komite sekolah.
  2. Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan pengurus dan anggota komite
  3. Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan segenap instansi/dinas, DU/DI khususnya yang ada di Propinsi Jambi.
  4. Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan sekolah – sekolah dalam wilayah Jambi dan sekitarnya serta sekolah – sekolah dalam wilayah POKJA SMP/SMA/SMK Negeri maupun Swasta
  5. Penyebarluasan informasi tentang berbagai kegiatan sekolah
  6. Berpartisipasi dalam kegiatan hari – hari besar nasional
  7. Memeriahkan hari – hari besar agama
  8. Pelaksanaan Prakerin Dalam Negeri dan Prakerin Luar Negeri

 

E.    Bidang Ketatalaksanaan / DLL

Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah:

  1. Pembuatan dan pemajangan struktur organisasi sekolah dan pemantapan penambahan wakil manajemen mutu dan disiplin KBM
  2. Penyusunan dan pemajangan serta pengarsipan kalender pendidikan
  3. Penyusunan program kerja sekolah dan pengarsipannya
  4. Penyusunan dan pengarsipan RABS
  5. Pengadaan, pencataan pokok – pokok pembinaan personil dan hasilnya
  6. Pengadaan buku catatan hasil supervisi kepala skeolah dan instrumen kegiatan – kegiatan supervisi kepala sekolah dan pengarsipannya
  7. Pengadaan format DP3 guru dan pegawai, pengisian dan pengarsipannya.
  8. Pengadaan buku tamu, buku pengumuman dan buku notulen rapat.
  9. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi kurikulum:
    1. Daftar pembagian tugas guru
    2. Jadwal Pelajaran
    3. Jurnal kelas/kemajuan kelas
    4. Perangkat Administrasi Guru
    5. Perangkat Soal
    6. Daftar grafik kelulusan siswa
    7. Leger / Daftar kelas
    8. Buku laporan pendidikan (buku raport)

10. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan Administrasi BP/BK

  1. Struktur organisasi dan rincian tugas
  2. Program kerja dan jadwal tugas
  3. Format – format alat pengumpulan data
  4. Format – format perjanjian pemberitahuan, home visit, panggilan orang tua/wali pernyataan, skorsing.
  5. Laporan

11. Penyiapan pengadaan dan pengarsipan administrasi perpustakaan:

  1. Struktur organisasi dan rincian tugas
  2. Pedoman pengelolaan perpustakaan
  3. Katalog
  4. Tata tertib
  5. Kartu Anggota
  6. Buku pinjaman
  7. Diagram/grafik peminjaman
  8. Daftar inventaris ruangan
  9. Laporan kegiatan

12. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi kesiswaan:

  1. Buku penerimaan siswa baru
  2. Buku klaper siswa
  3. Buku induk siswa
  4. Buku mutasi
  5. Daftar Hadir Siswa
  6. Daftar peserta ujian nasional
  7. Daftar lulusan ujian nasional
  8. Buku dan daftar penerimaan STTB
  9. Program Kerja

13. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi personil:

  1. Buku Induk Pegawai
  2. Daftar Urut Kepangkatan
  3. Daftar Hadir
  4. Buku Pembinaan
  5. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
  6. Blanko – blanko administrasi

 

14. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi keuangan:

  1. Berkas DIK
  2. Buku Kas
  3. Daftar Penerimaan Gaji, Honor, dan uang lembur
  4. Berkas SPJ
  5. Unit Produksi Sekolah
  6. Komite
  7. Brankas

15. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi perlengkapan:

  1. Buku induk perlengkapan
  2. Buku non inventaris
  3. Buku Golongan barang
  4. Buku Pembelian
  5. Buku penerimaan barang
  6. Buku/daftar pengeluaran barang
  7. Kartu stok barang
  8. Buku mutasi barang inventaris
  9. Buku pemeliharaan
  10. Buku dokumen surat – surat berharga
  11. Berkas penghapusan
  12. Laporan inventaris

16. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi persuratan

  1. Buku agenda masuk dan keluar
  2. Buku ekspedisi
  3. Filing sistem
  4. Kartu kendali
  5. Lembar disposisi
  6. Data statistik
  7. Laporan bulanan/triwulan

17. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan hubungan masyarakat:

  1. Buku agenda pertemuan/rapat dengan orang tua siswa/wali, pemerintah dan masyarakat.
  2. Notulen agenda pertemuan/rapat dengan orang tua siswa/wali, pemerintah dan masyarakat
  3. Program Komite
  4. Iuaran Komite

 

Muaro Jambi,  Juni 2022

Kepala Sekolah,

 

 

SRI DARMAYANTI, M.Pd

NIP. 19740510 200003 2 006



Komentar Facebook