Menyusun pembagian jam dan pembuatan jadwal pembelajaran Di Hotel Shang Ratu Jambi


mengatur jam pelajaran per tahun pada struktur Kurikulum Merdeka SMK tahapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Menghitung jumlah jam pelajaran per tahun 2. Menentukan minggu efektif setiap bulan dalam satu tahun 3. Mengkonversi jumlah pelajaran setiap mapel dari per tahun menjadi per minggu 4. Mengatur jam pelajaran setiap mapel dengan berbagai alternatif disesuaikan dengan kebutuhan sekolah 5. Membuat jadwal pelajaran (tabel roster) dalam satu minggu
Pada tahun pelajaran baru 2022/2023 ini, satuan pendidikan mulai dari jenjang pendidikan PAUD sampai dengan SMA/SMK akan mengimplementasikan kurikulum baru yang diberi nama Kurikulum Merdeka. Hal ini tertuang pada Kepmendikbud Ristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Untuk mengatur jam pelajaran per tahun pada struktur Kurikulum Merdeka SMK tahapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Menghitung jumlah jam pelajaran per tahun
2. Menentukan minggu efektif setiap bulan dalam satu tahun
3. Mengkonversi jumlah pelajaran setiap mapel dari per tahun menjadi per minggu
4. Mengatur jam pelajaran setiap mapel dengan berbagai alternatif disesuaikan dengan kebutuhan sekolah
5. Membuat jadwal pelajaran (tabel roster) dalam satu minggu
Membuat jadwal pelajaran merupakan salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum setiap awal tahun pelajaran. Pembuatan jadwal akan menjadi masalah ketika jadwal yang disusun tidak dapat diselesaikan sebelum kegiatan efektif sekolah. Selama jadwal pelajaran belum selesai disusun maka kegiatan belajar mengajar di sekolah kurang efektif. Jadwal yang dibuat pada awal tahun pelajaran harus bersifat efektif agar tidak terjadi perubahan-perubahan jadwal yang memiliki banyak kendala seperti menyesuaikan hari dengan permintaan guru dan lain sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembuatan jadwal atau pengaturan jam pelajaran pada struktur kurikulum merdeka, salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu adanya waktu dan tempat khusus bagi stake holder sekolah untuk mendiskusikan pembagian jam dan pembuatan jadwal pembelajaran tersebut.


Komentar Facebook